Sabtu, 29 Februari 2020

Cara Cek Pembayaran Listrik


Cara Cek Pembayaran Listrik - Kebutuhan dasar ini juga harus dipertimbangkan dengan hati-hati untuk penggunaannya agar tidak menghabiskan pengeluaran rumah tangga. Ada kebiasaan lain yang juga mempengaruhi tagihan listrik kecil atau besar. 

Cara Cek Pembayaran Listrik


Kenali Jenis Instalasi Listrik
Sebelumnya, Anda juga perlu mengenali jenis instalasi listrik di rumah terlebih dahulu. Ada dua jenis, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan pulsa ponsel. Listrik prabayar memiliki sistem pembayaran dengan pulsa atau token. Ada pulsa nominal yang tercantum pada meteran listrik. Sistem ini Cek Pembayaran Listrik terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN pada 2010.

Sementara listrik pascabayar adalah sistem lama yang pembayarannya hanya dapat dilakukan setelah digunakan selama 1 bulan. Sistem pasca listrik ini yang bisa dilihat tagihannya, kalau tidak dibayar dimuka.

Dengan memonitornya, Anda mengetahui berapa banyak yang dihabiskan sehingga Anda dapat segera mengendalikannya sesegera mungkin. Anda tidak harus datang langsung ke kantor PLN, berikut adalah 4 cara untuk memeriksa tagihan listrik Anda, yang sekarang memudahkan Anda:

Via Telepon
Pilihan pertama, Anda dapat memeriksa tagihan listrik melalui telepon. Metode ini relatif mudah, Anda hanya perlu menghubungi layanan pelanggan PLN di 123 saja. Untuk melakukan panggilan ke pusat panggilan PLN, tarif telepon normal akan dikenakan biaya. Metode ini dapat dilakukan kapan saja, mengingat layanan ini buka 24 jam.

Melalui SMS
Selain melalui telepon, Anda juga dapat memeriksa tagihan listrik melalui SMS. Kirim sms dengan format Nomor Pelanggan (kirim), kirim ke 8123. Format ini digunakan jika Anda hanya ingin memeriksanya sesekali.

Jika Anda ingin berlangganan sehingga daftar tagihan dikirim terus menerus, cukup kirim sms dengan format 12 digit PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan, kirim ke 8123. Ingatlah untuk menikmati fasilitas pemeriksaan tagihan listrik melalui SMS ini, biayanya Rp. 500 (belum termasuk PPN 10%) per SMS.

Melalui Situs Web Online PLN
Opsi terakhir adalah melalui PLN Online. Anda akan semakin dipermudah dalam memeriksa tagihan listrik. Anda hanya perlu mengakses situs web PLN Online, lalu memasukkan ID pelanggan Anda yang terdiri dari 12 digit. Masukkan kata sandi, lalu klik masuk. Jika berhasil, halaman web akan muncul yang menunjukkan informasi tentang berapa banyak listrik yang harus Anda bayar.

Bagaimana Cara Cek Pembayaran Listrik?

Bayar Listrik Menggunakan Kartu Kredit
Anggapan membayar tagihan listrik dengan kartu kredit dapat membuat pengeluaran menjadi lebih ekonomis, mungkin itu benar. Pada prinsipnya, bank akan membayar terlebih dahulu, kemudian setelah itu ditagih ke pemegang kartu kredit.

Sepintas tidak ada perbedaan antara membayar listrik secara tunai atau dengan kartu kredit. Plus, jumlah tagihan rutin tidak murni, alias biaya administrasi.

Namun pertimbangkan lagi berbagai promo, ini akan menguntungkan Anda nantinya. Perlu kehati-hatian dalam memilih kartu kredit jika sejak awal sudah digunakan untuk membantu membayar tagihan rutin.

Anda harus mencari kartu kredit yang memiliki fitur konsolidasi tagihan dengan manfaat cashback, poin, hingga bebas biaya administrasi.  Mulai sekarang, hemat konsumsi listrik di rumah Anda sebanyak mungkin. 

Ingatlah bahwa ketersediaan listrik sangat terbatas, sementara kebutuhan kita dalam menggunakan energi itu hampir tidak ada habisnya. Demi mengurangi biaya setiap bulan, jangan lupa untuk mengontrol penggunaannya juga dengan selalu memeriksa tagihan secara teratur melalui 4 cara di atas. Itulah pembahasan mengenai cara Cek Pembayaran Litrik.
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates