Kamis, 21 Mei 2020

Paru Paru Basah, Berbahayakah?


Penyakit paru-paru merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok mengerikan bagi masyarakat, karena penyakit ini tak jarang mengancam keselamatan jiwa. Salah satu penyakit paru-paru yang hingga kini penyebabnya masih belum banyak dipahami oleh orang adalah paru-paru basah. Sebenarnya penyakit apakah ini? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?

Pengertian Paru-Paru Basah
Paru-paru basah merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Umumnya paru-paru basah terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru. Paru-paru basah sendiri sebenarnya merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan paru-paru yang menyebabkan munculnya timbunan cairan pada jaringan paru-paru.

Paru Paru Basah, Berbahayakah?

Penyebab Paru-Paru Basah
Lingkungan Kotor
Lingkungan yang kotor merupakan salah satu penyebab penyakit paru-paru basah. Lingkungan kotor dapat menyebabkan mikroorganisme berkembang pesat sehingga dapat menyebabkan infeksi pada orang yang tinggal di lingkungan tersebut.

Infeksi Jamur
Paru-paru basah juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur, terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau kesehatan kronis. Infeksi ini dapat terjadi setelah jamur dari kotoran burung atau tanah terhirup.

Kebiasaan Merokok
Selain itu, paru-paru basah juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, karena umumnya para perokok dan pecandu alkohol memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik. Hal tersebut tentu saja berdampak pada mudahnya mikroorganisme penyebab paru-paru basah untuk masuk ke organ tubuh.

Daya Tahan Tubuh Buruk
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa paru-paru basah dapat disebabkan oleh infeksi, ketika daya tahan tubuh seseorang sedang buruk maka akan mudah terserang penyakit ini. Paru-paru basah ini juga mampu menginfeksi penderitanya seperti virus yang masuk ke dalam paru-paru. Karenanya penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi baik.

Cara Mencegah Paru-Paru Basah
Lakukan pola hidup sehat untuk membentengi diri dari penyakit ini, diantaranya
l  Tidak merokok
l  Kurangi mengonsumsi minuman beralkohol
l  Mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia
l  Rajin mencuci tangan untuk menghindari penularan kuman
l  Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan atau tisu ketika bersin
l  Menjaga kebersihan lingkungan, seperti rajin membersihkan rumah maupun membuang sampah pada tempatnya
l  Menggunakan masker

Berbahayakah Paru-Paru Basah?
Paru-paru basah kerap disebut dengan pneumonia. Umumnya pneumonia sendiri dapat sembuh setelah melakukan perawatan di rumah sakit selama 1 hingga 3 minggu. Namun meskipun begitu, rupanya penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian akibat dari komplikasi.

Orang-orang yang mudah terserang komplikasi akibat dari penyakit ini adalah lansia diatas usia 65 tahun, bayi, balita, orang yang pernah mengalami penyakit pernapasan, serta perokok.

Komplikasi yang dapat terjadi pada penyakit pneumonia diantaranya kesulitan bernapas, bakterimia yang dapat menyebabkan kegagalan organ, abses paru-paru atau kondisi dimana terdapat nanah yang menumpuk di rongga paru-paru, hingga gagal ginjal.

Demikianlah penjelasan mengenai paru-paru basah mulai dari pengertian, penyebab hingga cara pencegahan. Semoga bermanfaat.
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates