Kamis, 21 Mei 2020

Paru Paru Basah, Berbahayakah?


Penyakit paru-paru merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok mengerikan bagi masyarakat, karena penyakit ini tak jarang mengancam keselamatan jiwa. Salah satu penyakit paru-paru yang hingga kini penyebabnya masih belum banyak dipahami oleh orang adalah paru-paru basah. Sebenarnya penyakit apakah ini? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?

Pengertian Paru-Paru Basah
Paru-paru basah merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Umumnya paru-paru basah terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru. Paru-paru basah sendiri sebenarnya merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan paru-paru yang menyebabkan munculnya timbunan cairan pada jaringan paru-paru.

Paru Paru Basah, Berbahayakah?

Penyebab Paru-Paru Basah
Lingkungan Kotor
Lingkungan yang kotor merupakan salah satu penyebab penyakit paru-paru basah. Lingkungan kotor dapat menyebabkan mikroorganisme berkembang pesat sehingga dapat menyebabkan infeksi pada orang yang tinggal di lingkungan tersebut.

Infeksi Jamur
Paru-paru basah juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur, terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau kesehatan kronis. Infeksi ini dapat terjadi setelah jamur dari kotoran burung atau tanah terhirup.

Kebiasaan Merokok
Selain itu, paru-paru basah juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, karena umumnya para perokok dan pecandu alkohol memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik. Hal tersebut tentu saja berdampak pada mudahnya mikroorganisme penyebab paru-paru basah untuk masuk ke organ tubuh.

Daya Tahan Tubuh Buruk
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa paru-paru basah dapat disebabkan oleh infeksi, ketika daya tahan tubuh seseorang sedang buruk maka akan mudah terserang penyakit ini. Paru-paru basah ini juga mampu menginfeksi penderitanya seperti virus yang masuk ke dalam paru-paru. Karenanya penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi baik.

Cara Mencegah Paru-Paru Basah
Lakukan pola hidup sehat untuk membentengi diri dari penyakit ini, diantaranya
l  Tidak merokok
l  Kurangi mengonsumsi minuman beralkohol
l  Mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia
l  Rajin mencuci tangan untuk menghindari penularan kuman
l  Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan atau tisu ketika bersin
l  Menjaga kebersihan lingkungan, seperti rajin membersihkan rumah maupun membuang sampah pada tempatnya
l  Menggunakan masker

Berbahayakah Paru-Paru Basah?
Paru-paru basah kerap disebut dengan pneumonia. Umumnya pneumonia sendiri dapat sembuh setelah melakukan perawatan di rumah sakit selama 1 hingga 3 minggu. Namun meskipun begitu, rupanya penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian akibat dari komplikasi.

Orang-orang yang mudah terserang komplikasi akibat dari penyakit ini adalah lansia diatas usia 65 tahun, bayi, balita, orang yang pernah mengalami penyakit pernapasan, serta perokok.

Komplikasi yang dapat terjadi pada penyakit pneumonia diantaranya kesulitan bernapas, bakterimia yang dapat menyebabkan kegagalan organ, abses paru-paru atau kondisi dimana terdapat nanah yang menumpuk di rongga paru-paru, hingga gagal ginjal.

Demikianlah penjelasan mengenai paru-paru basah mulai dari pengertian, penyebab hingga cara pencegahan. Semoga bermanfaat.
Share:

Sabtu, 28 Maret 2020

Jenis Bahan Kanvas Pada Tote Bag Kanvas

Mengetahui bahan kanvas yang dibuat untuk bahan tote bag kanvas yang ingin dimiliki disarankan agar pengguna mengenal dengan baik tas kanvas dan seluk beluk material bahan pembuat tas kanvas. Karakteristik bahan kanvas pada umumnya adalah memiliki serat yang tebal, jalinan anyaman yang kuat dan motif benang tampak terlihat jelas. Yang termasuk kategori bahan kanvas antara lain: kanvas Marsoto, kanvas Ripstop, kanvas Blacu, Baby Kanvas, kanvas Terpal, kanvas sintetis PE (Polyester) dan kanvas Sueding. Dari semua kategori tersebut ada beberapa jenis bahan kanvas yang cocok dan sering digunakan sebagai bahan tote bag.

Jenis Bahan Kanvas Pada Tote Bag Kanvas

Jenis Bahan Kanvas Untuk Tote Bag

1. Baby Kanvas
Bahan ini adalah jenis bahan kanvas yang paling lembut di antara semua bahan kanvas. Bahan kanvas yang memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga membuatnya lebih lembut jika dibandingkan jenis bahan kanvas yang lain. Bukan hanya lembut, kanvas jenis ini juga lentur dan kuat sehingga nyaman digunakan dan awet. Tampilan kanvas ini juga melahirkan kemewahan tersendiri.

2. Kanvas Marsoto
Jenis kanvas ini memiliki ciri khusus yaitu bintik-bintik pada permukaan bahan sehingga menyerupai garis-garis vertikal pada bahan kordurai. Tekstur halus tetapi tidak mudah robek merupakan beberapa keunggulan dari jenis kanvas ini. Kanvas ini berharga mahal tetapi menawarkan kualitas yang unggul.

3. Kanvas Blacu
Kanvas jenis ini termasuk kanvas belum purna proses (unfinished) karena berasal dari bahan mori yang belum melalui proses pemutihan. Kanvas ini memiliki jalinan yang sederhana dan bertekstur agak kasar. Sesuai dengan harganya yang murah, kanvas ini berkualitas rendah dan kurang kuat untuk menahan beban. Kanvas jenis ini paling banyak tersedia di toko-toko.

4. Kanvas
Jenis kanvas ini merupakan kebalikan dari kanvas blacu. Kanvas ini merupakan bahan mori yang telah melalui proses pemutihan. Kanvas jenis ini bertekstur halus, lebih tebal dan lentur, biasanya kanvas ini berwarna abu-abu atau putih gading.

5. Kanvas PE
Satu lagi bahan kanvas yang dapat digunakan sebagai bahan tote bag kanvas, yaitu kanvas PE. Kanvas ini adalah kanvas sintetis dari campuran bahan polyester dan katun. Tas kanvas yang menggunakan bahan kanvas jenis ini akan lebih kuat dan bahan ini juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Kekurangan pada jenis kanvas ini adalah bahan akan terasa panas.

Berbagai bahan yang telah tersebut di atas bisa ada yang sudah tercetak menjadi kanvas bermotif mau pun masih dalam keadaan polos. Bahan kanvas polos dijadikan menjadi tote bag kanvas polos yang simpel dan dapat digunakan sesuai keinginan dan tujuan dari penggunanya masing-masing. Tote bag polos akan mengundang penggunanya untuk menuangkan ide di kepalanya untuk mendesain tote bag sesuai dengan gayanya. Perlu diketahui bahwa bahan kanvas ini juga biasanya digunakan untuk melukis.

Description : Tote bag kanvas dapat dibuat dengan jenis bahan kanvas tertentu seperti baby kanvas, kanvas Marsoto, kanvas Blacu, Kanvas dan kanvas PE.
Share:

Kamis, 19 Maret 2020

Cara Memilih Peer to Peer Landing yang Tepat Bagi Investor

Peer to peer adalah salah satu langkah ketika investor dengan peminjam dana bisa saling terhubung melalui suatu platform. Ketika perusahaan fintech memberikan beragam kemudahan dalam hal ini. Beragam keuntungan bisa ditemukan dari adanya peer to peer landing yang diciptakan dalam dunia cyber ini. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan investor. 


Cara Memilih Peer to Peer Landing yang Tepat Bagi Investor

Cara Tepat Memilih Perusahaan Fintech bagi Investor
1. Pastikan sudah bekerjasama dengan OJK
Menjamin keamanan dana yang Anda simpan di perusahaan fintech untuk digunakan sebagai layanan peer to peer. Salah satu hal yang harus dijamin adalah memastikan jika perusahaan tersebut sudah bekerja sama dengan OJK. Ketika perusahaan sudah bekerjasama dengan OJK maka keamanan dana Anda akan selalu terpantau dengan baik. Terutama dengan dana yang Anda simpan di perusahaan. 

Kesempatan memang terbuka besar namun Anda harus memastikan jika aset selalu aman. Banyak perusahaan fintech seperti Amartha yang telah bekerja sama dengan OJK untuk memastikan jika dana selalu aman. Sirkulasi transaksi akan selalu memenuhi standar yang telah dilakukan dan disepakati. Hal ini bisa memberikan Anda keuntungan dan ketepatan untuk memilih perusahaan peer to peer. 

2. Lama waktu perusahaan di dirikan
Kepedulian Anda terhadap aset harus selalu diperhatikan. Salah satunya adalah perusahaan yang Anda gunakan dan lama waktu di dirikannya. Ketika perusahaan tersebut sudah berpengalaman dengan jangka waktu yang lama maka segalanya akan jauh lebih aman dan mudah. Anda bisa memastikan hal ini dengan memperhatikan kembali profil perusahaan yang akan digunakan. 

3. Kesempatan investor untuk memilih peminjam
Peer to peer adalah salah satu kesempatan yang diberikan bagi investor untuk menguji kesempatan dan keberaniannya. Ketepatan untuk memilih orang yang meminjam bisa menjadi langkah utama untuk menjaga keamanan dana Anda. Meskipun banyak perusahaan seperti Amartha sebagai penyedia peer to peer dan fintech, Anda masih harus memastikan jika tidak salah untuk memilih orang atau peminjam. 

4. Mencari cyber policynya
Anda bermain di dunia cyber dan menggunakan jaringan internet untuk saling terhubung. Baik data atau aset yang Anda simpan harus selalu terjaga keamanannya. Hal paling utama dan paling baik untuk dilakukan adalah mencari kembali cyber policy yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Pastikan jika cyber policynya ada dan keamanan dana Anda akan selalu terjaga dengan baik. 

5. Melakukan riset review
Kemampuan untuk melakukan riset bisa menentukan kesempatan Anda untuk berinvestasi. Riset atau review sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak tertipu dengan janji yang diberikan oleh perusahaan fintech. 

Kesempatan setiap orang untuk melakukan investasi bisa ditemukan dari dibuatnya p2p lending. Teknologi yang dimanfaatkan dalam bidang ekonomi bisa dengan mudah di capai. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bunga yang di dapat ketika ada peminjam yang memakai dana Anda. Hal ini akan terus dikembangkan dengan keamanan penggunaan cyber dalam ekonomi.
Share:

Sabtu, 29 Februari 2020

Cara Cek Pembayaran Listrik


Cara Cek Pembayaran Listrik - Kebutuhan dasar ini juga harus dipertimbangkan dengan hati-hati untuk penggunaannya agar tidak menghabiskan pengeluaran rumah tangga. Ada kebiasaan lain yang juga mempengaruhi tagihan listrik kecil atau besar. 

Cara Cek Pembayaran Listrik


Kenali Jenis Instalasi Listrik
Sebelumnya, Anda juga perlu mengenali jenis instalasi listrik di rumah terlebih dahulu. Ada dua jenis, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan pulsa ponsel. Listrik prabayar memiliki sistem pembayaran dengan pulsa atau token. Ada pulsa nominal yang tercantum pada meteran listrik. Sistem ini Cek Pembayaran Listrik terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN pada 2010.

Sementara listrik pascabayar adalah sistem lama yang pembayarannya hanya dapat dilakukan setelah digunakan selama 1 bulan. Sistem pasca listrik ini yang bisa dilihat tagihannya, kalau tidak dibayar dimuka.

Dengan memonitornya, Anda mengetahui berapa banyak yang dihabiskan sehingga Anda dapat segera mengendalikannya sesegera mungkin. Anda tidak harus datang langsung ke kantor PLN, berikut adalah 4 cara untuk memeriksa tagihan listrik Anda, yang sekarang memudahkan Anda:

Via Telepon
Pilihan pertama, Anda dapat memeriksa tagihan listrik melalui telepon. Metode ini relatif mudah, Anda hanya perlu menghubungi layanan pelanggan PLN di 123 saja. Untuk melakukan panggilan ke pusat panggilan PLN, tarif telepon normal akan dikenakan biaya. Metode ini dapat dilakukan kapan saja, mengingat layanan ini buka 24 jam.

Melalui SMS
Selain melalui telepon, Anda juga dapat memeriksa tagihan listrik melalui SMS. Kirim sms dengan format Nomor Pelanggan (kirim), kirim ke 8123. Format ini digunakan jika Anda hanya ingin memeriksanya sesekali.

Jika Anda ingin berlangganan sehingga daftar tagihan dikirim terus menerus, cukup kirim sms dengan format 12 digit PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan, kirim ke 8123. Ingatlah untuk menikmati fasilitas pemeriksaan tagihan listrik melalui SMS ini, biayanya Rp. 500 (belum termasuk PPN 10%) per SMS.

Melalui Situs Web Online PLN
Opsi terakhir adalah melalui PLN Online. Anda akan semakin dipermudah dalam memeriksa tagihan listrik. Anda hanya perlu mengakses situs web PLN Online, lalu memasukkan ID pelanggan Anda yang terdiri dari 12 digit. Masukkan kata sandi, lalu klik masuk. Jika berhasil, halaman web akan muncul yang menunjukkan informasi tentang berapa banyak listrik yang harus Anda bayar.

Bagaimana Cara Cek Pembayaran Listrik?

Bayar Listrik Menggunakan Kartu Kredit
Anggapan membayar tagihan listrik dengan kartu kredit dapat membuat pengeluaran menjadi lebih ekonomis, mungkin itu benar. Pada prinsipnya, bank akan membayar terlebih dahulu, kemudian setelah itu ditagih ke pemegang kartu kredit.

Sepintas tidak ada perbedaan antara membayar listrik secara tunai atau dengan kartu kredit. Plus, jumlah tagihan rutin tidak murni, alias biaya administrasi.

Namun pertimbangkan lagi berbagai promo, ini akan menguntungkan Anda nantinya. Perlu kehati-hatian dalam memilih kartu kredit jika sejak awal sudah digunakan untuk membantu membayar tagihan rutin.

Anda harus mencari kartu kredit yang memiliki fitur konsolidasi tagihan dengan manfaat cashback, poin, hingga bebas biaya administrasi.  Mulai sekarang, hemat konsumsi listrik di rumah Anda sebanyak mungkin. 

Ingatlah bahwa ketersediaan listrik sangat terbatas, sementara kebutuhan kita dalam menggunakan energi itu hampir tidak ada habisnya. Demi mengurangi biaya setiap bulan, jangan lupa untuk mengontrol penggunaannya juga dengan selalu memeriksa tagihan secara teratur melalui 4 cara di atas. Itulah pembahasan mengenai cara Cek Pembayaran Litrik.
Share:

Sabtu, 15 Februari 2020

Alasan Mengapa Popok Pants Lebih Nyaman

Kita sama-sama tahu bahwa popok untuk celana memang lebih mahal. Namun tidak berarti dia datang tanpa apa-apa. Sudah sangat kita kenal bahwa harga merupakan salah satu standar dalam memilih barang. Mungkin kita bisa mencari promo Mamypoko, ketika ingin membeli popok celana yang murah, namun apa saja sih keunggulan dari popok bentuk celana?

Alasan Mengapa  Popok Pants Lebih Nyaman

1. Mudah Dipakai, Walau Si Kecil Aktif
Meski dibilang si kecil ini masih kecil tapi biasanya punya keunggulan dalam aktivitasnya. Sebagai orang tua malah kewalahan mengikuti gerak si kecil. Untuk menjaga si kecil tetap bisa menggunakan popok dengan mudah, popok pants bisa menjadi salah satu solusi yang kita pakai untuk mengatasi hal tersebut.

Tidak perlu memikirkan bahwa si kecil ini terus bergerak ke sana kemari atau kakinya tidak bisa berhenti. Lain cerita kalau kita menggunakan popok biasa, bisa jadi kita akan kesusahan dalam mengontrol kecil dan menyuruhnya untuk berhenti bergerak. sebab itu popok model celana ini begitu digemari oleh para ibu-ibu apalagi mereka yang sibuk.

Masih agak susah dimengerti ketika orang sudah malas untuk memilih popok model ini, yang bilang bahwa popok ini kurang fleksibel. Pada kenyataannya kok begitu mudah dipakai dan juga sangat nyaman. Mau bagaimana pun terkadang kita punya alasan untuk menerjemahkan kata “Mahal” menjadi tidak nyaman dipakai.

2. Tidak Mudah Lepas Saat Dikenakan
Hal kedua yang mungkin bisa membantu menguatkan argumen pertama yaitu popok ini tidak mudah lepas ketika anak beraktivitas. Jika anak aktif bermain ataupun pelarian ini masih sangat aman untuk digunakan anak untuk menjalani kesehariannya. Apalagi jika anak kita sedang berlatih berjalan otomatis terkadang anak terjatuh dan ada kemungkinan pokok lepas.

Popok tipe celana memang sudah kita kenal di Indonesia, tapi apakah kita sudah cukup tahu bahwa pokok tersebut diciptakan untuk anak yang aktif? Sepertinya aku main itu kurang diterima oleh masyarakat kita. Jauh lebih peduli terhadap harga dibandingkan kualitas dan juga usability sebuah pokok memang perlu kenyamanan dan juga ketahanan.

3. Tidak Mudah Bocor
Tentunya salah satu elemen penting dalam popok bayi adalah tidak mudah bocor. Jika popok bayi bocor maka batal fungsinya sebagai popok. Kalau kita melihat aktivitas anak mereka sangat aktif apalagi di umur 3 sampai 4 tahun, pada usia-usia seperti itu sangat cocok apabila kita menggunakan popok tipe celana.

4. Nyaman Digunakan Anak
Sebenarnya hal ini sangat mudah diperdebatkan, sebab si bayi tidak pernah mengaku nyaman ketika memakainya. Namun kita bisa mempelajari bagaimana bayi berekspresi dan juga bergerak ketika menggunakan popok tersebut. Biasanya anak tetap aktif dan juga tidak merasa terganggu terhadap popok yang dia pakai.

Memang benar popok celana harganya sedikit lebih mahal, Namun semua itu datang dengan kualitas dan juga kenyamanan. Terkadang kita bisa temukan promo MamyPoko, untuk harga yang lebih murah dibanding harga normal.
Share:

Minggu, 09 Februari 2020

Sistem Pelumas Mesin

Baiklah, hari ini saya bakal share sedikit mengenai sistem pelumasan pada mesin. Pelumas yang di gunakan  tidak sama-beda pada setiap kendaraan, biasanya pada kendaraan tertentu meharuskan memakai oli alias pelumas tertentu yang sesuai dengan tipe mesin itu sendiri.

Sistem Pelumas Mesin

Sistem pelumasan sangat penting dalam suatu  kendaraan. Bayangkan jika pada mesin tidak ada pelumas yang melindungi dan menolong menyerap panas pada mesiin, pasti mesin bakal cept aus dan rusak pastinya. Oleh sebab itu saya membikin postingan ini supaya bisa berguna untuk kami semua pastinya.


  • Melumasi
  • Mendinginkan
  • Membersihkan
  • Menyalurkan tenaga
  • Perapat
  • Manfaat Pelumasan pada Mesin
  • Mengurangi gesekan, mencegah keausan dan kemacetan
  • menghambat kenaikan temperatur mesin
  • menjaga kerapatan dan kekedapan udara
  • Mencegah karat
  • Pembersih daari kotoran-kotoran sisa dari pembakaran mesin
  • Meredam guncangan


Jenis pelumas
1.Minyak Pelumas
Oli mesin
Gear oil(oli transmisi)
ATF(Automatic Transmision Fluid) alias oli untuk transmisi Matic

2. Grease
Autiomatic chasis grease
Automatic bearing grease
Multy purpose grease
Water Pump grease

Manfaat engine oil(oli mesin)
Mengurangi keausan pada parts
Memnyerap panas yangf di timbulkan oleh bearing
Menahan combustion gas yang mungkin melewati clearence antara piston ring dan sylinder
membersihkan carbon pada mesin
mencegah karat/korosi pada mesin yang mungkin terjadi sebab asam sulfur yang di hasilkan gas an air dari pembakaran
Cara  Memilih Oli Mesin
Pilih oli mesin sesuai dengan angkakekentalan SAE yang sesuai dengan temperatur udara luar
Gunakan oli mesin dengan mempertimbangkan pengelompokan API Seervice
API Service di kelompokan berdasarkan tipe kendaraan
Lihat pengelompokan API yang sudah di tentukan dalam owners manual

API Service (American Petroleum Institute)
Sistem klasifikasi ini adalah tutorial untuk membedakan pelumas menurut nilai kerjanya dan kaitannya dengan tipe tugas yang dimaksud. Klasifikasi API Service ini dibagi 2 yaitu direkomendasikan untuk pelumas otomotif dalam faktor ini mesin bensin yang pengapiannya memakai busi disebut seri “S” alias Spark Ignition dan untuk mesin diesel disebut seri “C” alias Compression Ignition.

SAE (Society of Automotive Engineers, Inc.)
SAE adalah kode tingkat kekentalan oli dengan standarisasi internasional. Contoh : SAE 10w-40 angka menandakan tingkat kekentalan oli tersebut. Makin besar angkanya berarti terus kental olinya.

H = untuk Gasoline Engine Maintenance Service 1994
Pertama klasifikasi ini direkomendasikan untuk mesin kendaraan bensin yang dibangun tahun 1994 ( yang dimaksud disini adalah tahun teknologi mesin ) Pelumas dalam kategori ini melebihi persyaratan kinerja dari API Service SG jadi bisa dipakai pada mesin yang direkomendasikan pabrikan untuk memakai pelumas API Service SG ataupun kategori dibawahnya.

SJ = untuk Gasoline Engine Maintenance Service 1996
Direkomendasikan dengan tugas khusus untuk mesin kendaraan bensin yang memakai teknologi mesin tahun 1996. Pada kenyataan nya hingga sekarang tetap tidak sedikit kendaraan yang diproduksi hingga tahun 2006 tetap memakai teknologi mesin tahun 1996. Oleh sebab itu tetap tidak jarang kami jumpai pabrikan kendaraan keluaran tahun 2006 tetap merekomendasikan pelumas yang memenuhi persyaratan API Service SJ. Pelumas dalam kategori ini melebihi persyaratan kinerja dari API Service SH jadi bisa dipakai pada mesin yang direkomendasikan pabrikan untuk memakai pelumas API Service SH ataupun kategori dibawahnya.

SL = untuk Gasoline Engine Maintenance Service 2001
Direkomendasikan dengan tugas khusus untuk mesin kendaraan bensin yang memakai teknologi mesin tahun 2001. Pelumas yang memenuhi persyaratan API Service SL bisa dipergunakan dimana API Service SL dan kategori di bawahnya direkomendasikan oleh pabrikan mesin.

SM = Ditampilan untuk semua mesin otomotif yang dipakai sekarang ini jadi bisa dipakai pada mesin yang menpersyaratkan pelumas dengan kategori di bawahnya ( SL / SJ / SH ).

* CF = untuk mesin diesel injeksi tidak langsung . Untuk selanjutnya dibagi lagi menjadi CF-2 dan CF-4. API Service CF-2 adalah klasifikasi untuk mesin diesel 2 langkah sedangkan API Service CF-4 untuk mesin diesel 4 langkah tugas berat.
* CG-4 = adalah pelumas yang direkomendasikan untuk dipakai pada mesin diesel 4 langkah tugas berat dengan kecepatan tinggi . Pelumas dengan kategori ini bisa juga dipakai pada mesin yang mensyaratkan API Service CF-4.
* CH-4 = adalah pelumas yang direkomendasikan untuk mesin 4 langkah dengan kecepatan tinggi yang ditampilan untuk memenuhi standar emisi kendaraan yang dianjurkan. Pelumas dengan kategori ini bisa dipakai juga menggantikan tugas pelumas dengan API Service CF-4 alias CG-4.
* CI-4 = direkomendasikan untuk dipakai pada mesin diesel tugas berat. Specifikasi yang diberbagi mengfotokan bahwa pelumas tersebut bisa dipakai pada mesin diesel putaran cepat dan memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pada tahun 2004. Pelumas CI-4 mempunyai tingkat kinerja yang lebih unggul dibandingkan dengan kategori di bawahnya semacam CH-4, CG-4 dan CF-4.

API SERVICE UNTUK MESIN BENSIN 2 LANGKAH
Butuh diketahui mesin 2 langkah mempunyai sistem pelumasan yang tidak sama dengan mesin 4 langkah dikarenakan pelumasan silindernya berasal dari pelumas yang dicampur dengan bensin jadi membutuhkan pelumas yang seluruhnya harus terbakar dan bisa melumasi silinder mesin dengan baik. Pelumas mesin 2 langkah diformulasikan sedemikian rupa jadi bisa mencegah terjadinya pembentukan deposit alias kotoran di dalam silinder dalam proses pembakaran pada silinder. Pada dasarnya tersedia 4 tingkatan untuk klasifikasi API Service pada mesin 2 langkah yaitu TA, TB, TC dan TD. Tetapi perkembangan terbaru hanya satu yang tetap dipakai dan dianjurkan oleh pabrikan yaitu API Service TC supaya bisa menanggulangi problem macetnya ring dan lecetnya silinder.
Share:

Cara Merawat Mobil

Perawatan kendaraan semacam mobil adalah faktor yang butuh diperbuat dengan cara berkala, supayaa mobil tersebut bisa dipakai setiap hari tanpa kendala. Elemen penting dalam perawatan mobil ini perawatan kendaraanadalah mesin mobil, sebab mesin mobil ini adalah otak dari suatu  mobil.

Cara Merawat Mobil

Perawatan untuk bodi mobil juga menjadi faktor penting serta tak luput dari pemilik kendaraan dalam proses perawatan. Perawatan kendaraan untuk bodi luar ini, biasanya lebih diutamakan, sebab fisik kendaraan alias bodi kendaraan tersebut lebih terkesan serta bisa mencerminkan karakter si pemilik kendaraan tersebut. Sebaiknya perawatan kendaraan ini diperbuat dengan cara benar serta teratur, semacam service ringan bulanan ke bengkel mobil untuk sekedar cek kondisi mesin mobil serta kemampuannya.

Apabila mengerti mengenai mesin mobil, perawatan mobil ini bisa diperbuat sendiri di rumah sebab sangat mudah dalam prosesnya semacam mengganti oli mesin serta panasi mesin mobil setip hari. Untuk bagianan dalam proses perawatan mobil tua, di antaranya sebagai berikut :

Cek Kondisi Ban. Ban adalah salah satu alat keselamatan dalam perjalanan. Apabila tak jarang meperbuat perjalanan jauh, sebaiknya cek ban wajib diperbuat dengan cara berkala serta selalu, sebab apabila badan tersebut tipis maka bakal sangat berbahaya untuk keselamatan pengemudi. Usahakan ganti ban mobil dengan cara teratur, serta jangan lupa cek tekanan/angin ban mobil tersebut. Tekanan angin ban adalah salah satu faktor penting keselamatan, sehingga setidaknya

1 bulan sekali wajib kamu periksa.
Periksa Mesin Mobil. Untuk memelihara mesin mobil, usahakan untuk ganti oli serta cairan mesin dengan cara teratur misalkan 1 bulan sekali. Untuk oli, pakailah oli yang sudah direkomendasikan oleh bengkel resmi alias montir mobil. Ganti juga sabuk mesin (belt) setiap pemakaian sejauh 25 ribu mil, faktor ini sangat penting sebab sabuk mesin adalah bagian yang pertama kali menghadapi kondisi ekstrem di luar ruangan.

Cek Elektipsal Mobil. Bagian elektipsal mobil ini juga penting dalam proses perawatan mobil tua ini. Sebelum memeriksa bagian elektipsal mobil ini, sebaiknya lepas baterai serta putuskan ajaran aki terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya konsleting. Baca petunjuk pada buku panduan kamu sebelum memutuskan untuk mengganti alias membenahi sendiri, pemasangan yang salah bakal memunculkan kerusakan pada elektipsal mobil anda.

Gunakan Bahan Bakar Yang Bernilai. Untuk mendukung kampanye untuk memakai bahan bakar yang tak bersubsidi, maka sebaiknya memilih bahan bakar yang non subsidi semacam pertamax, dll. Kandungan bahan bakar tersebut sangat keren untuk menjaga nilai serta kemampuan mesin mobil sekaligus memelihara mesin mobil masih bersih tak gampanng bocor sebab karat yang terkandung dalam bahan bakar premium. Usahakan juga meperbuat pengisian yang teratur, sebab bisa mencegah terjadinya keropos pada tangki bahan bakar anda.

dan jangan lupa Perawatan buat Body nya broo.. ada promo tuh di grantonworld untuk perawatan nano body coating wash up Buat mobil kesayangan kamu kembali mengkilap dengan meperbuat perawatan Nano Body Coating Wash Up dari Carviero Auto Spa. terjangkau sekli dari harga aslinya cek aja
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Paru Paru Basah, Berbahayakah?

Penyakit paru-paru merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok mengerikan bagi masyarakat, karena penyakit ini tak jarang mengancam k...

Blogger templates